Menggunakan Essential Oil dengan Telaten

Sebenernya aku kepingin beri judul tulisan ini sebagai Menggunaka EO dengan Keras Kepala, layaknya Ibu yang ingin memberikan ASI, “Memberikan ASI dengan Keras Kepala”.  Tapi aku urungkan keinginan itu, supaya tidak ada kesalah pahaman bagi pembaca yang belum pernah memakai essential Oil. 

Kilas balik saat aku pertama kali mengenal EO, aku memakainya sambil lalu, hanya nanya ke enroller ku. Oil ini gunanya buat apa. Trus memakainya pun hanya sekedar ditaruh di diffuser saat hendak tidur. Sampai akhirnya aku dapat yang namanya buku EOPR 6th edition alias Essential Oil Pocket Reference. OK, judulnya pocket reference, tapi percayalah… ukurannya ga akan masuk ke kantong rok mu. LOL. 

Di buku tersebut dipaparkan sejarah essential oil, bagaimana cara pemakaian oil secara umum dan juga ada diajarkan mengenai Vitaflex dan Raindrop Technique. Yang paling Ok dari semuanya adalah ada penjelasan mengenai setiap oil, baik EO single maupun EO blend: apa saja kandungannya, bagaimana sejarah atau info lainnya dan bagaimana pemakaiannya. Dan bukan hanya itu, ada bagian mengenai keluhan umum dan bagaimana cara membantunya dengan menggunakan essential oil. ada tentang keluhan mata, saluran pencernaan, sistem pernafasan, dll, sebut saja, hampir semua ada. 

Trus, apa yang berubah dari sejak membaca EOPR? TRUST… alias rasa percaya. Percaya bahwa Young Living memberikan produk terbaik dari sumber terbaik dan pengolahan terbaik. 

Percaya bahwa aku menjalani pola hidup baru ini bersama teman-teman yang akhirnya menjadi keluarga baru. Percaya bahwa produk ini aman, jika dipakai berdasarkan pada referensi yang tepat. 

Percaya Diri pun akhirnya mengikuti. Oil-oil yang sudah dikoleksi pun dipakai dengan lebih seksama: dioles di telapak kaki, di perut, di dada, di punggung dan di pelipis serta tengkuk. Tergantung jenis oilnya. Diffuse oil? Pasti tetap dilakukan, bukan hanya di rumah namun juga di kantor. Pagi, sore, malam. Ada beberapa EO yang aku minum juga 🙂
Sebenernya kalau kita pakai mesin pencari google atau mencari di pinterest dengan keyword essential oil yang kita ingin tahu, maka akan muncul banyak sekali hasil pencarian. Apakah semua bisa dipercaya? Apakah semua yang populer itu benar? Well, sayangnya tidak.. hiks…
Misal jika kita mencari Thieves essential oil, maka akan muncul pula thieves dengan kemasan botol YL yang sudah tidak lagi diedarkan (apalagi sekarang di Indonesia semua pakai kemasan baru yang lebih kekinian). Penyusun essential oil blend pun bisa jadi juga berubah (misal tidak ada lagi palmarosa karena sudah langka, dan tidak boleh lagi di ekstrak).
Itulah sebabnya, membaca buku langsung atau bertanya pada orang yang sudah membaca buku amat sangat disarankan. Dan menambah pengetahuan tentang EO yang kita pakai tuh harus banget, supaya kita bisa tahu oil apa yang paling tepat untuk keluhan kita. 
Dan akhirnya, mengaplikasikan EO pun harus telaten. Pakai EO mu setiap hari: sesudah mandi pagi, sektar jam 9, sesudah makan siang, menjelang petang dan sebelum tidur. Belum siap sesering itu: OK, pakai pagi siang dan menjelang tidur. 
Dan juga Rotasikan EO mu. Jika ada keluhan tertentu: aplikasikan EO yang tepat dengan frekuensi yang lebih sering. Misal ada gangguan di kulit dan oles lavender, maka oleskan lavender tiap 2 jam sekali, sedikit saja, namun sering. jika perlu dillute dengan carrier oil. 
sedikit namun sering, itu kuncinya. 
 so, I will sum up…
Jika kamu ingin ada perubahan dalam dirimu setelah pemakaian Essential Oil, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan:
1. bekali diri dengan referensi yang terpercaya atau upline dan support group yang dapat diandalkan
2. Pakai EO mu setiap hari, minimal pagi, siang dan sebelum tidur
3. Jika ada keluhan, pakai dengan frekuensi yang lebih sering, dan dengan cara dioles, bukan hanya didiffuse
4. Pakai sedikit, namun sering. Itu kuncinya
Happy Oiling…

Start your Oil Journey here

*Jika ingin mengcopy atau menyebarluaskan artikel silakan tinggalkan pesan kepada kami.

*Disclaimer: Informasi yang disampaikan di dalam website ini berdasarkan pada pengalaman kami dalam memakai Young Living essential oils. Pernyataan dan produk yang disebutkan dalam website ini tidak diuji oleh badan POM dan tidak ditujukan untuk mendiagnosa, mencegah, mengobati maupun menyembuhkan suatu penyakit. Mohon merujuk pada disclaimer lengkap kami di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *